awan

awan
Above Java

Wednesday 6 October 2010

pengaturan. settings.

we are users. we use technology. if we cant be separated with technology, we will be technology itself. if we are technology, how great are we?

inti bacaan ini sebenarnya udah kerangkum jelas di kalimat-kalimat sebelah atas. sekarang saya panjanglebarkan. sedikit.

semakin canggih teknologi yang diciptakan manusia, biasanya semakin bermanfaat bagi kehidupan manusia lainnya. semakin bermanfaat, berarti semakin berharga. semakin berharga, berarti semakin mahal juga. tinggi nilai jualnya. ono hargo, ono rupo. itu yang teman saya sering ucapkan ketika sedang membahas sesuatu yang mahal harganya :D
kalo mobil jaman sekarang ya, udah banyak banget feature baru yang mungkin ga kepikiran buat ada di mobil-mobil keluaran 20 tahunan yang lalu (ya atau emang belum nyampe aja teknologinya :D). kayak GPS biar ga nyasar. spion yang autolipat biar ga kesenggol orang. wiper di kaca lampu biar tetep bersih walopun kena kotoran. body baja ringan yang anti peluru (haha,lebay eaa), dan seterusnya. tujuannya buat apa sih emang? adaptasi. to adjust.

kita, manusia, seharusnya bisa juga adaptasi kayak gitu. jaga sikap dan perilaku biar ga ’nyenggol’ orang lain. bisa nanya orang kalo nyasar, atau nanya Dia kalo ’nyasar’. nyingkirin semua rintangan yang ada di depan mata, ”eh,minggir dulu deh, ngalangin tau ga!”, dan terus maju. kira-kira kalo kita jadi mobil, cc kita, horse power kita berapa ya. hyundai atoz yang 998cc mah harus gigi satu di tanjakan gunung batu-bogor (miringnya sampe 40 derajat-an). top speed 140 km/jam di tol, itu udah ngos-ngosan banget, setir berguncang. haha. beda sama mitsubishi galant v6. 1989cc mesinnya. di tanjakan gunung batu bisa gigi tiga. 170 km/jam masih joging cepat, belum sprint. santai. hmm, kita yang mana ya. maksud saya, kalo kita ketemu tanjakan, halang rintang, apapun yang bikin kita melambat atau dan harus ngeluarin tenaga lebih kita, ’mesin’ kita orang ini berapa gedenya ya...

teknologi lain di bidang sosial dan komunikasi, yah sebut aja facebook dan twitter deh. dengan dua media sosial itu aja udah kebayang kan kita bisa ngapain aja. ya ngomong, ekspresiin diri, nunjukin apa yang kita punya, kita lakuin, kita suka dan ga suka, dan banyak lagi. hal-hal itu yang ngasih kita image sebagai seorang manusia yang baik, freak, penyabar, emosian, alay, dll. social media itu bikin kita adjustable. dengan beberapa klik, ketik ini itu, berubahlah pandangan kita terhadap dunia. berubahlah pandangan dunia terhadap kita. ya semua tergantung kita ngetik apa kan, tetep kita sendiri yang nulis kan. jadi kalo tanpa si F si T dan si lain2, bisakah kita meng-adjust diri?

zzzummm *masuk warp gate biar cepet

teknologi: semakin adjustable->semakin canggih->semakin mahal
yak, pertanyaannya adalah, berapa harga kita sebagai manusia?



No comments:

Post a Comment